manfaat ERP bagi perusahaan

Enterprise Resource Planning atau ERP merupakan software atau aplikasi manajemen bisnis yang digunakan untuk memudahkan pengelolaan bisnis. Sesuai namanya, manfaat ERP bagi perusahaan adalah untuk membantu perencanaan atau perancangan sumber daya yang digunakan oleh perusahaan. Penggunaan ERP dalam suatu perusahaan akan membantu dalam hal standarisasi, penyederhanaan, serta pengintegrasian proses bisnis di perusahaan tersebut, mulai dari segi keuangan, distribusi, bahkan aspek-aspek lainnya seperti sumber daya manusia.

Secara garis besar, itulah manfaat ERP bagi perusahaan. Namun, secara konkrit, bagaimana ERP dapat membantu jalannya proses bisnis perusahaan Anda? Berikut adalah keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan software ERP untuk perusahaan Anda.

1. Penyimpanan Data yang Lebih Aman

manfaat erp bagi perusahaan: penyimpanan data yang lebih aman

Manfaat ERP bagi perusahaan yang paling jelas adalah jaminan keamanan data yang lebih baik. Saat ini, banyak layanan software ERP yang sudah berbasis cloud. Hal ini berarti seluruh data dan laporan yang dicatat pada software ERP tersebut secara otomatis tersimpan pada cloud storage. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot-repot mem-back up data-data maupun laporan perusahaan.

Dengan menggunakan software ERP berbasis cloud, Anda juga tidak perlu lagi takut kehilangan data maupun laporan perusahaan karena tidak sengaja terhapus ataupun karena kerusakan pada laptop atau komputer Anda. Selain itu, karena seluruh data dan laporan yang ada tersimpan pada cloud, Anda juga bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun selama Anda terhubung dengan internet. Hal ini tentunya memberikan fleksibilitas yang lebih tinggi untuk perusahaan Anda.

2. Kolaborasi yang Lebih Mudah

manfaat erp bagi perusahaan: kolaborasi yang lebih mudah

Selain meningkatkan fleksibilitas, penggunaan ERP juga membawa manfaat lainnya bagi perusahaan, yakni meningkatkan kemudahan kolaborasi, baik di dalam suatu departemen maupun antar departemen. Dalam suatu software ERP, umumnya tersedia berbagai macam modul untuk berbagai macam departemen, mulai dari modul untuk Penjualan atau Sales, modul untuk Inventori, hingga modul untuk Pembelian atau Purchasing. Modul-modul ini tentunya dibuat untuk mengakomodir seluruh kebutuhan perusahaan dalam satu tempat, sehingga data perusahaan tidak tercecer ke mana-mana.

Dengan seluruh data yang terkumpul di satu aplikasi, pastinya akan lebih mudah untuk mengakomodasi kebutuhan kolaborasi antar departemen. Selain itu, dukungan ERP yang dapat menampilkan update data secara real-time tentu semakin mempermudah proses kolaborasi yang terjadi di dalam perusahaan.

3. Pencatatan yang Lebih Mudah

pencatatan yang lebih mudah

Selanjutnya, manfaat ERP bagi perusahaan yakni untuk memudahkan pencatatan data dan laporan dengan tersedianya berbagai macam template. Sebagian besar software ERP pastinya sudah menyediakan template untuk mencatat kas, transaksi, bahkan pembukuan dan inventori perusahaan. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membuat tabel satu per satu secara manual.

Tidak hanya mempermudah proses pencatatan, penggunaan ERP juga membantu menyajikan data dengan tampilan yang lebih mudah dimengerti dan lebih menarik, misalnya dengan pie chart atau grafik. Hal ini tentunya dapat membantu Anda memahami laporan bisnis perusahaan dengan lebih cepat dan lebih baik.

4. Laporan yang Lebih Akurat

laporan yang lebih akurat

Terakhir, software ERP juga akan membantu Anda menghasilkan laporan perusahaan yang lebih akurat. Pasalnya, data-data yang dicatat pada software ERP sudah terintegrasi secara otomatis. Dengan menggunakan ERP, Anda tidak perlu memindahkan atau mengecek data dari satu laporan ke laporan lainnya secara manual, karena data-data yang ada sudah terintegrasi dan tersinkronisasi ke seluruh laporan yang memerlukan data tersebut. Tidak hanya itu, dengan sinkronisasi data secara otomatis ini, tentunya potensi human error pun dapat dikurangi, sehingga data-data dan laporan yang dihasilkan menjadi lebih akurat.

Itulah beberapa manfaat ERP bagi perusahaan yang tentunya akan membantu meningkatkan kolaborasi, efisiensi, serta produktivitas perusahaan Anda. Dengan pencatatan data dan laporan perusahaan yang lebih baik, pengecekan dan analisa data perusahaan juga akan lebih mudah dilakukan. Oleh karena itu, penggunaan ERP ini patut Anda pertimbangkan untuk diterapkan di perusahaan Anda. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk memastikan bahwa software ERP yang Anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Related Post

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.