HUBUNGAN ERP DAN SCM SERTA MANFAATNYA BAGI BISNIS

Hubungan ERP dan SCM pada operasional bisnis merupakan kunci penting untuk mendorong kemajuan perusahaan di era digital

Di era digital dimana data telah dianggap sebagai aset berharga untuk kemajuan bisnis, seluruh perusahaan di berbagai skala kini menyadari pentingnya efektivitas dalam pengelolaan data perusahaan. Pasalnya, segala jenis data yang dihasilkan pada proses operasional perusahaan dapat menjadi kepingan penting untuk pengembangan bisnis. Itulah hal yang menjadi dasar dari pentingnya pemeliharaan hubungan ERP dan SCM bagi perusahaan.

Integrasi ERP dan SCM

SCM merupakan kependekan dari Supply Chain Management. SCM adalah keseluruhan kegiatan operasional dalam perusahaan yang perlu dilakukan sebuah bisnis untuk memberikan produk atau layanannya kepada pelanggan. Proses SCM dapat meliputi kegiatan produksi, pengolahan informasi, administrasi, penyediaan, hingga distribusi dimana customer dan supplier terlibat di dalamnya.

Secara garis besar, proses SCM dimulai saat pelanggan melakukan order untuk barang atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis. Pelanggan akan memanfaatkan berbagai platform yang tersedia untuk menghubungi sales atau marketing dari perusahaan. Setelah itu, pihak sales akan melakukan proses planning yang diperlukan untuk mempersiapkan segala kebutuhan agar barang atau jasa tersedia untuk pelanggan, mulai dari pembelian bahan baku (purchasing), produksi, dan distribusi hingga produk yang dijual sampai ke tangan pelanggan.

Di masa modern ini, kegiatan SCM yang baik memerlukan bantuan dari sistem informasi yang memadai. Pasalnya, pengambilan keputusan yang strategis di koridor kegiatan operasional bisnis semakin kompleks. Di lain sisi, ketersediaan data histori mengenai operasional (lama produksi, data vendor, harga bahan baku, dll) seharusnya dapat dimanfaatkan untuk membantu perusahaan dalam proses SCM.

Manfaat Adopsi ERP untuk CRM yang Ideal

Jika ingin membedah lebih dalam mengenai manfaat dari ERP untuk kelancaran proses CRM perusahaan, maka Anda harus mengerti peran dari masing-masing sistem terlebih dahulu. SCM adalah “wajah” perusahaan atau dapat juga disebut sebagai sistem front-office. Untuk mewujudkan SCM yang ideal, tentunya perusahaan wajib memiliki sistem back office yang kuat. Disinilah, ERP (Enterprise Resource Planning) mengambil peran.

ERP adalah sistem software yang menawarkan integrasi dan otomasi untuk proses bisnis perusahaan. Hadirnya ERP dapat mewujudkan efektifitas di berbagai aktivitas operasional, karena ERP mampu mengolah serta mengintegrasikan hasil analisa data ke SCM. ERP dan SCM akan bahu-membahu secara interaktif untuk menyajikan analisa data yang dapat digunakan oleh bisnis untuk meningkatkan kualitas operasionalnya. Pengurangan biaya (cost reduction dan  efektivitas dari integrasi proses dapat terwujud dari hasil sistem informasi yang disanggah oleh ERP yang berkolaborasi dengan data pelanggan SCM. Hal ini juga yang akan membuahkan peningkatan penjualan dan laba perusahaan.

Selain itu, ERP juga akan menghadirkan efisiensi untuk proses administrasi dan proses operasional lainnya yang sifatnya repetisi. ERP mampu menangani banyak transaksi sekaligus sekaligus mendokumentasikan aktivitas tersebut di dalam satu sistem. Dengan demikian, SDM perusahaan dapat melakukan workload lain yang lebih strategis ketimbang mengurusi hal-hal repetitif seperti pencatatan transaksi jual-beli, data purchasing, keuangan, dan lain sebagainya.

Manfaat dari integrasi antara ERP dan SCM juga akan dirasakan bisnis dari sisi customer service, dimana setiap respon yang diperlukan untuk menanggapi kebutuhan pelanggan dapat diperoleh dengan cepat. Informasi real-timedalam sistem ERP yang dihubungkan ke SCP dapat mewujudkan hal tersebut. Tentu saja, setiap manfaat di atas dapat dilakukan apabila perusahaan memilih sistem ERP yang cocok dengan SCM perusahaan.

iCount menjadi Solusi untuk Kebutuhan ERP Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki kebutuhan akan ERP yang berbeda-beda. Itulah mengapa memilih mitra penyedia solusi ERP menjadi hal yang harus dipikirkan secara matang. Pasalnya, hubungan ERP dan SCM perusahaan akan menjadi poros utama untuk perkembangan kualitas produk dan layanan perusahaan.

iCount adalah penyedia solusi ERP yang tepat untuk bisnis di berbagai skala. Solusi iCount menghadirkan fleksibilitas untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis (customizable), serta mencakup semua proses mulai dari pembukuan, keuangan, jual beli, hingga hutang piutang. Lebih lanjut, solusi iCount juga dapat dijalankan secara on premisemaupun di cloud.

Mari pelajari lebih lanjut mengenai solusi dan layanan dari iCount di sini.

Related Post

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recent Posts