Adopsi ERP untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Langkah perusahaan untuk melakukan adopsi ERP akan menghasilkan peningkatan kepuasan pelanggan dalam jangka panjang

Saat ini, faktor paling krusial dalam menentukan keberhasilan sebuah bisnis adalah tingkat kepuasan pelanggan yang menggunakan produk atau layanan dari bisnis tersebut. Semakin banyak feedback positif, maka semakin terbukti juga kualitas dari sebuah bisnis. Guna meningkatkan kualitas produk dan layanan, bisnis di berbagai skala dan industri mulai menelaah berbagai potensi yang ada di sekelilingnya, termasuk mempertimbangkan adopsi ERP (Enterprise Resource Planning).

Secara umum, ERP merupakan sistem perangkat lunak (software) yang dapat diimplementasikan dalam sistem perusahaan guna mengintegrasikan data yang tersebar pada setiap proses bisnis, mulai dari administrasi, hingga operasional. Tujuan dari pengadopsian ERP ini adalah menghadirkan efisiensi pada proses bisnis perusahaan.

Fungsi utama ERP adalah integrasi dan analisa data menyeluruh untuk menyajikan wawasan strategis yang dapat dipakai sebagai patokan untuk mengambil keputusan yang menguntungkan perusahaan. Lantas, bagaimana adopsi ERP dapat berdampak bagi tingkat kepuasan pelanggan?

Sinergi ERP-CRM Menjadi Kunci

Saat diimplementasikan, ERP akan berperan sebagai sistem untuk back office perusahaan. Keseluruhan data yang tersebar dari hulu ke hilir dalam proses operasional bisnis akan terkumpul dan dianalisis di dalam ERP, termasuk data-data yang diperlukan untuk mengembangkan database pelanggan yang kuat. Alasan inilah yang membuat ERP memegang peranan penting untuk membangun Customer Relation Management (CRM) pada bisnis di era modern.

Berbeda dengan ERP yang merupakan tulang punggung dari ketersediaan informasi, CRM berperan sebagai “wajah” perusahaan untuk membangun hubungan dengan pelanggan setianya. Pada dasarnya, CRM memiliki tugas utama sebagai penyedia layanan yang diperlukan oleh pelanggan, seperti update mengenai bisnis terbaru, atau ketepatan pelayanan pelanggan yang disediakan oleh bisnis. Berbagai masukan dari pelanggan seperti pertanyaan via telepon, feedback di kolom komentar, hingga e-mail pelanggan merupakan ranah yang diproses oleh CRM.

Tanpa CRM yang responsif, maka mustahil bagi sebuah bisnis di masa kini untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya. Namun, kendala yang seringkali dihadapi untuk optimasi CRM terletak pada besarnya volume data yang harus diolah dan data yang tercecer dimana-mana. Disinilah ERP hadir sebagai penopang CRM. ERP dan CRM akan bersinergi untuk menyelesaikan proses pengelolaan data yang kompleks dalam waktu cepat, sehingga memungkinkan bisnis berinteraksi dengan banyak pelanggan dan menyajikan update secara real-time.

ERP dan CRM Simplifikasi Proses Bisnis

ERP dan CRM merupakan dua software yang mampu mengatasi masalah-masalah yang sering datang dari pelanggan. Data di dalam CRM dan ERP dapat digunakan segera saat perusahaan membutuhkan. Dengan demikian, divisi customer care dari sebuah perusahaan akan sangat terbantu dalam menyediakan solusi terbaik yang dihadapi pelanggan. Tentu saja, Customer Service yang responsif menjadi pemantik untuk peningkatan kepuasan layanan yang dirasakan oleh pelanggan.

Tidak hanya itu, sinergi antara ERP dan CRM juga membuka berbagai kesempatan bagi perusahaan untuk naik ke level yang lebih tinggi. Database yang tersedia dengan lengkap dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi calon pelanggan dari berbagai sumber eksternal. Selain itu, pengelolaan tim sales yang lebih efisien juga dapat dilakukan.

ERP juga sangat membantu penyimpanan berbagai riwayat transaksi, penawaran, dan invoice. Dengan adanya ERP, bisnis dapat meminimalisir kesalahan dalam proses bisnis yang berulang akibat kelalaian manusia. Ditambah lagi, ERP juga dapat membantu kegiatan Search Engine Operation (SEO) dan strategi online marketing lainnya.

Tentu saja, berbagai manfaat dari ERP dapat dirasakan oleh perusahaan apabila menggandeng penyedia layanan ERP yang tepat.

iCount, Penyedia Solusi ERP untuk Bisnis Anda

iCount yang merupakan penyedia solusi ERP terkemuka, menyediakan Solusi ERP yang menawarkan fleksibilitas untuk disesuaikan dengan kebutuhan yang berbeda di setiap perusahaan. Solusi ERP iCount juga mampu mencakup keseluruhan proses bisnis (end-to-end) serta dapat diaplikasikan dalam on premise maupun di cloud.Mari adopsi ERP untuk bisnis dan terus dorong perjalanan digital perusahaan Anda agar mampu bersaing di era digital bersama iCount sebagai mitra bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut mengenai iCount di sini.

Related Post

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recent Posts