Mengelola arus kas atau yang dikenal dengan cash flow di sebuah perusahaan tentu menarik untuk dipelajari jika ingin mendirikan sebuah perusahaan. Laporan cash flow merupakan salah satu elemen penting yang berfungsi untuk menyajikan informasi mengenai kondisi keuangan sebuah perusahaan di setiap periode. Laporan cash flow merupakan sebuah laporan yang berisi detail dan perincian dari arus kas pendapatan dan pengeluaran di sebuah perusahaan. Mari kita simak cara mengelola cash flow perusahaan.

Laporan-laporan yang diberitakan di arus kas antara lain jumlah arus kas yang diterima dan pengeluaran. Laporan arus kas berfungsi untuk menyampaikan informasi terkait dengan pengeluaran dan penerimaan uang kas. Dengan melihat laporan arus kas, perusahaan dapat mengambil keputusan terkait strategi finansial yang dimiliki, misalnya seperti mengubah struktur keuangan, evaluasi sistem operasional keuangan perusahaan, menyesuaikan arus kas dengan perubahaan, dan memperbaiki kinerja perusahaan.

Sebelum kita simak cara mengelola cash flow perusahaan, untuk laporan cash flow sendiri memiliki beberapa jenis seperti:

  1. Laporan Arus Kas Operasional

Arus kas operasional adalah arus kas yang terkait dengan sistem operasional perusahaan pada masa periode tertentu. Bagian yang termasuk ke dalam arus kas operasional adalah penerimaan kas dari konsumen atau pendapatan piutang, pembayaran utang, gaji pegawai, penerimaan bunga, pembayaran pajak, hingga pengeluaran lain yang berkaitan sistem operasional perusahaan.

  • Laporan Arus Kas Investasi

Arus Kas Investasi adalah jenis arus kas masuk dan keluar yang terkait dengan aktivitas investasi perusahaan pada sebuah periode tertentu. Beberapa aktivitas yang tergabung dalam arus kas investasi adalah pembelian dan penjualan aset tetap, penyertaan saham, dan bentuk investasi lainnya.

  • Laporan Arus Kas Pembiayaan

Arus kas pembiayaan adalah arus kas yang terkait dengan aktivitas pembiayaan perusahaan (pengurangan dan penambahan modal) pada masa periode tertentu. Beberapa contoh aktivitas pendanaan seperti pinjaman bank, penerbitan obligasi, penerbitan saham baru, dan aktivitas lainnya.

Metode penyusunan laporan arus kas dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu laporan langsung dan tidak langsung. Apabila perusahaan menerapkan laporan arus kas langsung, maka laporannya akan terdiri dari kegiatan operasional perusahaan, kegiatan investasi, dan kegiatan pembiayaan. Keuntungannya menerapkan metode ini perusahaan dapat mengetahui sumber dana serta penggunaan kas, namun kelemahan metode laporan langsung adalah apabila ingin mencari data seringkali tidak mudah dan biaya pengumpulannya pada umumnya tergolong mahal.

Namun, apabila perusahaan menggunakan laporan arus kas tidak langsung maka arus kas dari kegiatan operasional ditentukan dengan melakukan koreksi pengaruh dari transaksi yang bukan dari kas. Penyusunan laporan uang kas tidak langsung dilakukan berdasarkan laporan laba-rugi dan neraca. Keuntungan metode penyajian arus kas tidak langsung ini adalah data lebih terpusat pada perbedaan laba bersih dan arus kas dari aktivitas operasional. Pengelompokkan aktivitas transaksi dapat disusun berdasarkan akun/rekening dalam laporan keuangan.

Metode penyajian secara tidak langsung ini didasarkan pada laporan laba rugi dan neraca keuangan. Keuntungan metode penyajian secara tidak langsung adalah data lebih terpusat pada perbedaan antara laba bersih dan arus kas dari aktivitas operasional. Metode ini menunjukkan hubungan antara laporan laba rugi, neraca dan laporan arus kas.

Laporan arus kas disusun dari laporan keuangan (Laporan Neraca dan Laporan Laba Rugi)

Tidak diperlukan penggolongan pada setiap transaksi kas. Pengelompokan aktivitas transaksi disusun berdasarkan akun/rekening dalam laporan Keuangan.

Apabila perusahaan Anda masih kesulitan bagaimana cara mengelola cash flow perusahaan. Anda dapat simak cara mengelola cash flow perusahaan seperti yang dijabarkan di atas. Anda juga bisa memanfaatkan penggunaan penggunaan teknologi digital seperti software iCount, sebuah Software Akuntansi, Manajemen Bisnis, dan Keuangan yang mudah digunakan, fleksibel, serta menggunakan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. iCount memiliki fitur mengatur laporan cash flow yang dapat meningkatkan efektifitas alokasi keuangan perusahaan hingga dapat memberikan kemudahan untuk perusahaan dalam pengambilan keputusan.

Related Post

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Recent Posts